Garis besar penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 12 Jakarta mengacu pada 6 pilar pendidikan, yakni learning to imtaq, learning to know, learning to do, learning to be, learning to life together, dan learning how to learn. Semua aspek yang menjadi dasar proses pendidikan SMAN 12 Jakarta seluruhnya tertuang dalam visi dan misi sekolah. Untuk menuju ketercapaian aspek-aspek yang ada maka kegiatan-kegiatan dilakukan melalui proses persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Semuanya dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada umumnya dan stakeholder SMAN 12 Jakarta pada khususnya.
Untuk mewujudkan proses pembelajaran secara efektif, kondusif, menyenangkan, mengasikkan, dan mencerdaskan diperlukan persiapan yang terencana, terarah dengan baik dan orientasi pembelajaran memenuhi :
Pengembangan Kurikulum di SMAN 12 Jakarta mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Empat dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Penilaian merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Pelaksanaan Kurikulum selama kondisi khusus (pandemi) di SMA Negeri 12 Jakarta tetap memperhatikan unsur-unsur sebagai berikut:
Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di SMAN 12 Jakarta melaksanakan pembiasaan pagi berupa sholat dhuha dan tadarus bagi peserta didik beragama Islam dan Kebaktian bagi peserta didik beragama Kristen yang dimbimbing langsung oleh wali kelas dan guru agama secara daring/semi daring sebelum jam pelajaran pertama dimulai, selain itu ada ceramah umum di setiap jum’at pekan I tentang akhlak dan budi pekerti secara virtual.
DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMAN 12 Jakarta memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah, terutama dalam bidang teknologi dan peduli lingkungan, serta keterampilan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Kurikulum SMA N 12 Jakarta dikembangkan mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diterapkan salah satunya melalui kegiatan seperti Upacara, menyanyikan lagu nasional yang dilakukan secara virtual serta pembinaan Nasionalisme dan Patriotisme bersama instansi terkait.
Kurikulum SMAN 12 Jakarta dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas atau karakteristik masyarakat SMAN 12 Jakarta.
Kurikulum SMAN 12 Jakarta dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dalam dokumen I, II dan III serta implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.
Sasaran mutu Bidang Kurikulum SMAN 12 Jakarta pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah :
1) diputuskan,
2) ditetapkan,
3) disosialisasikan,
4) disahkan